Menikmati Keindahan Gerojokan Grojogan Sewu Kulon Progo

Kabupaten Kulon Progao tak hanya populer akan  Menikmati keindahan Air terjun Grojogan Sewu Kulon Progomenuju air terjun
Kabupaten Kulon Progao tak hanya populer akan wisata puncak saja, kalau kita telusuri lebih dalam masih banyak wisata yang sanggup kita eksplorasi, salah satunya yaitu gerojokan Grojogan Sewu yang letaknya berada di Dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo. Namun jangan heran kalau kau mencari di Google wisata gerojokan Grojogan Sewu, karna yang akan muncul ternyata bukan gerojokan yang berada di Kabupaten Kulon Progo saja.
Nama air terjun Grojogan Sewu sudah tidak mengecewakan pasaran di dunia wisata Indonesia, salah satunya gerojokan Grojogan Sewu yang ada di Jawa Tengah. Makna dari nama grojogan sewu itu sendiri sanggup di artikan pancuran seribu atau secara logika gerojokan yang punya debit air besar.
Seiring berjalan waktu, wisata alam gerojokan Grojogan Sewu di Kulon Progo ini mulai banyak dikenal oleh para wisatawan, hal ini tak lepas dari tugas pemerintah dan masyarakat yang sudah mulai sadar akan potensi wisata, selain itu, faktor penunjang lainnya ialah lokasi gerojokan Grojogan Sewu tak terlalu jauh dengan lokasi wisata lainnya, menyerupai wisata alam Goa Kiskendo yang mempunyai daya tarik dongeng pewayangan.
Air terjun Grojogan Sewu masih terletak di kawasan perbukitan Menoreh, jadi untuk menuju kesini kau akan melewati beberapa tanjakan khas perbukitan, jarak antara kota Jogja dan gerojokan ini sekitar 23 km, sanggup ditempuh dalam 1 jam perjalan.
Dari Kota Jogja eksklusif saja menuju ke arah jl. Godean lurus terus hingga menemukan Pasar Godean, kemudian menuju Gedongan, lampu merah Gedongan masih lurus ke barat, hingga kau melewati Sungai Progo. kemudian kamu akan hingga ke lampu merah Kenteng. Ikuti jalan aspal saja hingga kau menemukan arah menuju Goa Kiskendo, dari situ sudah ada plang yang menandakan arah menuju ke gerojokan Grojogan Sewu, kau tinggal ikuti saja.
air terjun
Setelah hingga di tempat tujuan kau harus memarkirkan kendaraan yang terdapat di depan rumah-rumah warga sekitar, kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 200 meter, tapi jangan lupa bayar parkir terlebih dahulu sebesar Rp.2000 dan mengisi kotak pertolongan sukarela sebagai pengganti retribusi atau tiket masuk ke wisata alam gerojokan Grojogan Sewu.
Maklum saja, alasannya ialah wisata ini berdikari dikelola oleh masyarakat lokal, mereka telah membangun aneka macam macam kemudahan biar para wisatawan merasa nyaman berada di wisata ini, menyerupai tempat sampah, wc, parkir dan lain-lain.
Salah satu hal yang menyenangkan di sini ialah dikala berjalan kaki ke lokasi gerojokan melewati perkebunan warga, melihat alam sekitar yang masih terjaga ke asriannya. Lalu sesudah itu kita kedalam kesejukan air jernih yang mengalir dengan derasnya.

Rute atau Jalan

Kota Jogja –  Jl. Godean – Pasar Godean – Perempatan Nanggulan – Pasar Kenteng – Kecamatan Girimulyo – Pasar Jonggrangan – Dusun Beteng – Grojogan Sewu.

[instashow source=”#grojogansewukulonprogo” direction=”vertical”]

You Might Also Like

Leave a Reply