Ritual Patorani

Ritual Patorani sudah ada semenjak dahulu kala, ketika insan mengenal ikan torani. Patorani berasal dari kata ”torani”, yaitu nama jenis ikan yang akan ditangkap. Torani sama artinya dengan tuing-tuing atau ikan terbang. Maka kata torani mendapat awalan ”pa” yang mengandung arti ’orang yang……”. Dengan demikian patorani artinya ”orang yang pergi menangkap ikan torani atau ikan terbang.

Ritual Patorani digelar di daerah pantai Galesong, kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Tempat dimana para nelayan pencari telur ikan terbang banyak bermukim. Ritual Patorani  merupakan cerminan keyakinan yang sudah diwariskan secara turun-temurun. Yang mana dalam setiap awal pelayaran nya mencari telur ikan-ikan terbang, para patorani melaksanakan tradisi leluhur berupa tahapan-tahapan dari beberapa ritual adat.

  • Yang pertama dilakukan ialah mencari waktu yang sempurna untuk melaut atau ‘Accini Allo’, pada prosesi ini para nakhoda kapal (punggawa) bermusyawarah dengan para anak buahnya (sawi) di bawah tuntunan sesepuh watak (pinati).
  • Tahapan berikutnya dari prosesi patorani galesong ialah menarik kapal ke lautan atau ‘Abbeso ‘Biseang”, selanjutnya ialah ‘Annisi Biseang’ yaitu mempersiapkan alat-alat penangkap ikan terbang dan untuk enam hari melaut.
  • Mengecat kapal biar terlihat lebih terperinci dan lebih higienis ialah bab dari ritual berikutnya, ritual mengecat kapal ini di sebut dengan ‘Apparada’. Prosesi ‘Apparada’ diikuti dengan ‘Angngalle Leko Kaluku’ atau menyiapkan dan merakit daun-daun kelapa yang nantinya akan dipakai sebagai pembungkus bagi telur-telur ikan terbang yang sudah didapatkan. Mengisi kapal dengan perbekalan atau ‘Appanai Pakkajang’ ialah ritual berikutnya.
  • Selanjutnya ialah upacara inti dari prosesi keseluruhan ritual watak ini yaitu ‘Appanaung Ri Je’ne’ yaitu menyanyikan lagu-lagu daerah sambil mendorong kapal-kapal nelayan menuju ke tengah laut.
  • Melarung persembahan (sesajen, di Jawa) dilakukan sesudah ‘Appanaung Ri Je’ne’, prosesi ini di sebut dengan ‘Appassili’. Penutup dari keseluruhan ritual ini ialah ‘Allappasa’ atau pelepasan para nelayan oleh para keluarga dengan lambaian tangan diiringi dengan doa bagi keberkahan dan keselamatan.

Konon, para ‘Tu Barania’ lah yang pertama kali menyaksikan ikan-ikan bersayap ini terbang sejauh ratusan meter di atas permukaan air. Tu Barania ialah pasukan utusan kerajaan Galesong yang di perintahkan untuk berperang melawan Belanda, sebagai bentuk pertolongan bagi kerajaan Trunojoyo yang yang berperang melawan penjajah dari eropa tersebut di pulau Jawa.

Namun pasukan yang dipimpin oleh Karaeng Galesong ini menderita kekalahan dan sebagian besar pasukan nya gugur di medan juang. Di tengah perjalanan pulang kembali ke tanah Sulawesi, kapal yang mereka tumpangi banyak di kelilingi oleh ikan-ikan yang terbang di permukaan air. Mereka pun mencari cara biar sanggup menangkap ikan-ikan tersebut dalam jumlah yang sebanyak-sebanyaknya.

Sesampainya kembali di kerajaan Galesong, para Tu Barani ini mengabarkan insiden yang dialaminya kepada para sesepuh kerajaan. Hasil pertemuan tersebut ialah dibuatnya alat penangkap ikan-ikan terbang berbahan batang bambu yang memakai jaring khusus. Alat penangkap ikan-ikan terbang ini di sebut ‘Pakkaja’.

Kemampuan menciptakan pakkaja pun di tiru oleh para warga kerajaan Galesong lainnya, namun hanya para keturunan Tu Barani lah yang bisa mendapat ikan-ikan terbang dalam jumlah yang besar. Karenanya para penangkap ikan-ikan terbang hingga sekarang di sebut ‘patorani’, sebuah istilah yang merujuk pada kata ‘tu barani’.

Belakangan ini para patorani yang jumlahnya ribuan di Galesong rela berlayar jauh dari kampung halaman nya demi mendapat telur-telur ikan terbang yang berkualitas dan berharga jual tinggi namun dengan tetap memakai cara-cara penangkapan dan peralatan tradisional warisan leluhur mereka.

hotel makassar, paket tour makassar, paket tour wisata makassar, paket liburan murah di makassar, paket wisata ke makassar murah, paket tour makassar murah, paket tour wisata murah, makassar tour paket, paket liburan murah makassar, paket tour murah, paket tour wisata ke makassar, paket tour and travel makassar, paket wisata murah, paket wisata keluarga murah, paket wisata makassar bali murah, bali makassar paket wisata, paket wisata di makassar murah, paket wisata tour, harga paket wisata makassar, paket tour jakarta makassar, makassar tour guide, tour surabaya makassar, paket wisata makassar bali, Pariwisata Makassar, Hotel & Penginapan Makassar, Biro & Layanan Iklan Makassar, perjalananan Udara Makassar, Panduan Kota & Daerah Makassar, Tujuan Turis Makassar, Pantai & Kepulauan Makassar, Kecantikan & Kebugaran Makassar, Layanan Spa & Kecantikan Makassar, Tempat & Bangunan Bersejarah Makassar

You Might Also Like

Leave a Reply