Wisata Alam Jeram Kedung Pedut Kulon Progo

wisata gerojokan kedung pedut
Kedung Pedut merupakan salah satu air terjun yang terdapat di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta, gerojokan ini menjadi ramai di media umum kira-kira semenjak tahun 2015 lalu. Banyak wisatawan khususnya kawula muda yang mempostingnya di Instagram (#kedungpedut). Memang tak sanggup di pungkiri keindahan gerojokan Kedung Pedut sangat mempesona.
Jika diamati secara seksama gerojokan Kedung Pedut layaknya wahana water park alami, terdapat kolam-kolam yang sudah siap mengajak kita untuk berenang, airnya yang jernih dan segar eksklusif dari alam, bebas kaporit tanpa lengket dibadan, menciptakan siapapun menyesal jikalau tiba kesini tapi tak mencoba berenang.
Air terjun ini terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo kabupaten Kulon Progo. Desa Jatimulyo memang sudah populer sebab termasuk salah satu desa wisata yang mempunyai potensi pariwisata yang menakjubkan di Kulon Progo, tak hanya satu, ternyata desa ini mempunyai tiga air terjun, gerojokan Mudal, gerojokan Kembang Soka dan gerojokan Kedung Pedut sendiri.
wisata alam
Namun gerojokan yang paling anggun dan menarik berdasarkan aku ialah Kedung Pedut ini, aku katakan begitu sebab gerojokan ini mempunyai dua warna, yakni warna putih jernih dan warna hijau, selain sebab keindahan warnanya, air tejun Kedung Pedut juga populer sebab banyak terdapat kolam-kolam yang sanggup digunakan untuk berenang para wisatawan.
Kolam-kolam tersebut dinamakan kedung, istilahnya daerah air berkumpul atau terbendung sehingga menjadi bak alami. ada beberapa kedung disini yakni: Kedung Wedok, Kedung Merak, Kedung Lanang, Kedung Merang, Kedung Wedok dan Kedung Anyes. kedung-kedung ini juga dalamnya bervariasi dari yang 1 meter, 2 meter, hingga belasan meter.
Rute untuk menuju wisata alam gerojokan Kedung Pedut ini tidak mengecewakan jauh, jalurnya sama mengikuti jalan menuju wisata Goa Kiskendo, dan melewati beberapa tanjakan di perbukitan Menoreh. Dari Kota Jogja – ambil arah menuju jl. Godean, – lurus saja hingga melewati jembatan Sungai Progo – kemudian perempatan lampu merah Nanggulan belok kanan – pasar Kenteng – melewati tanjakan perbukitan Menoreh – ada pertigaan belok kiri – ikuti saja jalan menuju Goa Kiskendo – pertigaan sehabis lewat Goa Kiskendo ambil kiri – kemudian  terdapat pertigaan Grojogan Mudal ke kiri –  ke pintu masuk gerojokan Kembang Soka ambil arah kiri – hingga tujuan.
kolam renang alami
Setalah hingga di daerah parkir jangan dikira lokasi gerojokan yang kita tuju sudah dekat, sebab bahwasanya inilah perjalanan yang paling menguras tenaga demi menuju lokasi air terjun, kami harus jalan kaki sekitar 400 meter jauhnya, melewati jalan setapak yang naik turun dan licin. Namun setibanya dilokasi gerojokan Kedung Pedut semua rasa lelah itu terbayarkan sudah.
Disini kami mencicipi keindahan alam yang masih alami dan terjaga, air yang mengalir terlihat sangat jernih, seakan merayu-rayu untuk segera berenang di dalamnya. Fasilitas disini kebanyakan terbuat daari materi yang terdapat dari alam sekitar, ibarat bambu, kayu, atau batang pohon.
Soal biaya masuk cukup murah, hanya sebesar Rp.3000 saja, parkir sepeda motor Rp.2000, kendaraan beroda empat Rp.3000. Tips jikalau kau hendak berkunjung ke wisata gerojokan Kedung Pedut sebaiknya gunakan sendal khusus untuk tracking atau sendal gunung karna ada beberapa jalan yang licin untuk dilewati, kemudian bawa baju ganti jikalau hendak berenang.

Rute perjalanan

Kota Jogja – Jl. Godean – melewati Sungai Progo – Jl. Kiskendo – belok kanan ke Goa Kiskendo – dari wisata Goa Kiskendo belok kiri ke Desa Wisata Jatimulyo – pertigaan Grojogan Mudal belok kiri – pertigaan sehabis gerbang masuk Air Terjun Kembang Soka belok kiri – Air Terjun Kedung Pedut

Instagram

[instashow source=”#airterjunkedungpedut” direction=”vertical”]
 

You Might Also Like

Leave a Reply