Wisata Bendungan Ancol Kalibawang Kulon Pogo

bendungan ancol kalibawang
Tak hanya Jakarta saja yang punya Ancol, ternyata Yogyakarta juga punya lho. Namun disini Ancol nya bukan daerah wisata yang mempunyai banyak wahana air dan permainan seru, Ancol yang ada di Jogja ini yakni sebuah bendungan irigasi. Yaa, namanya yakni Bendungan Ancol.
Bendungan Ancol mempunyai sejarah yang panjang semenjak dari jaman penjajahan Belanda, dan sampai ketika ini Bendungan Ancol masih berfungsi dengan baik. Karena semakin berkembangnya sektor pariwisata di Yogyakarta, karenanya Bendungan Ancol usang kelamaan semakin dilirik oleh para pemburu wisata.
Fungsi utama dari bendungan ini yakni sebagai pengatur debit air yang mengalir untuk irigasi lahan-lahan pertanian yang ada di sekitar Jogja, Bendungan Ancol juga merupakan hulu dari jalur irigasi yang membentang membelah Kota Jogja yakni Selokan Mataram.
Dan karna sesungguhnya Bendungan Ancol ini bukanlah obyek wisata, maka di lokasi ini tak tersedia kemudahan khusus bagi para wisatawan, kebanyakan para pengunjung hanya melihat dan menikmati pemandangan sekitar di Bendungan Ancol dengan berfoto di pinggir bendungan, atau buat kau yang suka memancing dapat juga melampiaskan hobby memancingnya disini.

Baca juga: Wisata Alam Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

hulu selokan mataram
Lokasi bendungan ini terletak di Dusun Pantog Wetan, Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tercatat bendungan ini telah dibangun semenjak tahun 1942-1951 pada masa kedudukan Jepang di Indonesia.
Bendungan Ancol dibangun atas gagasan dari  Sri Sultan Hamengkubuwana ke sembilan (IX) yang ingin mengalihkan perhatian pemerintahan Jepang. Sri Sultan bersiasat hendak menyelamatkan warga Jogja dari kekejaman kerja paksa Jepang Romusha.
Panorama yang disuguhkan di lokasi Bendungan Ancol sangat menarik, disini kau dapat melihat keindahan pedoman sungai berbatu dan alam sekitar yang sejuk dibawah naungan pohon-pohon beringin. Pada sore hari bendungan ini banyak didatangi warga sekitar sebagai wisata alternatif murah meriah.
Masuk ke lokasi Bendungan Ancol tak di kenakan biaya alias gratis, bendungan ini selalu dibuka untuk umum, jadi siapapun boleh masuk. Beberapa warga sekitaran lokasi bendungan berprofesi sebagai petani buah, khususnya buah naga, jadi buat kau yang kebetulan berkunjung kesini pada ketika animo buah naga dapat membeli langsung kepada petaninya.

Lokasi Bendungan Ancol

[Google Maps]

Instagram

[instashow source=”#bendunganancol” direction=”vertical”]
 

You Might Also Like

Leave a Reply